21 August 2016

Makna Logo Partai Solidaritas Indonesia (PSI)


Partai Solidaritas Indonesia berlambangkan segi empat merah dengan gambar kepalan tangan mengenggam bunga mawar berwarna putih, bertuliskan PSI dengan huruf P yang terbuka. Arti lambang Partai Solidaritas Indonesia adalah sebagai berikut: 
  1. Warna dasar merah melambangkan keberanian, warna putih melambangkan kesucian dan kejujuran, warna hitam melambangkan kesetiaan, solidaritas dan kekuatan. 
  2. Tulisan PSI merupakan singkatan dari partai solidaritas Indonesia. Dengan huruf P yang terbuka, menunjukkan PSI adalah partai terbuka. 
  3. Bunga mawar putih adalah lambing solidaritas internasional dengan gagasan demokrasi substantif yang juga termaktub dalam UUD 1945.
  4. Lima kelopak luar melambangkan Pancasila dan Tiga kelopak dalam menunjukkan Trisakti 
  5. Kepalan tangan putih melambangkan tekad yang suci, optimis, pantang menyerah dan selalu kuat memegang teguh prinsip dan cita-cita bangsa. 
  6. Warna merah sebagai latar belakang menunjukkan bahwa PSI selalu berani dalam setiap gerakan politiknya, tanpa pernah gentar pada siapapun yang coba menghalangi citacita bangsa Indonesia. 
Ide bunga mawar ini terinspirasi dari kutipan pidato Soekarno tanggal 29 Juli 1956 di Semarang “Bunga mawar tidak mempropagandakan harum semerbaknya, dengan sendirinya harum semerbaknya itu tersebar di sekelilingnya. 


9 comments:

  1. buktikan solidaritas kita dengan kaum marginnal

    ReplyDelete
  2. Selamat atas terbentuknya Partai PSI, semoga Partai PSI bisa menjadi partai yang benar-benar mendengar aspirasi rakyat dan tidak terbelenggu oleh kepentingan kepentingan yang bersifat SARA, dimana semoga Partai PSI bisa bersinergi dan memperkecil jarak kesenjangan di NKRI

    ReplyDelete
  3. Saya Fredrik Kailola... yg sangat kagum dengan PSI... PSI partai Yg paling Keren yg pernah saya temui...
    Bolehkah Saya ajukan Lamaran Saya untuk bergabung dgn PSI ??? Krn dgn PSI saya Yakin Segala sesuatu akan baik2 kedepannya... mohon petunjuk

    ReplyDelete
  4. Saya Fredrik Kailola... yg sangat kagum dengan PSI... PSI partai Yg paling Keren yg pernah saya temui...
    Bolehkah Saya ajukan Lamaran Saya untuk bergabung dgn PSI ??? Krn dgn PSI saya Yakin Segala sesuatu akan baik2 kedepannya... mohon petunjuk

    ReplyDelete
  5. Tolong PSI KALAU MEMBUAT VIDEO KAMPANYE JANGAN BIKIN MASYARAKAT DI ADU DOMBA....BIKIN VIDEO KAMPANYE YANG LEBIH BERMARTABAT ELEGAN BERWIBAWA....JANGAN MENJELEKKAN SALAH SATU PARTAI ATAU KELOMPOK TERTENTU... BERPOLITIK YANG CERDAS.....PSI KADER NYA ORANG ORANG YANG BERPENDIDIKAN TINGGI.... JANGAN JADI PARTAI PROPOKATOR.....SAYA WARGA NEGARA INDONESIA TIDAK INGIN INDONESIA HARUS GARA GARA PARTAI YG TIDAK CERDAS

    ReplyDelete
  6. Untuk menghindari kesalahpahaman jadi saya mau nnya ,katanya kartu sumbngan akan dikirim kealamat saya, tp sampai saat ini blm saya dapat, mohon penjelasan, thq

    ReplyDelete
  7. Nama saya Yanto KETUA SOLIDERITAS MERAH PUTIH JOKOWI PROVINSI LAMPUNG, saya kader PDIP, saya mencalonkan diri di dapil IV Provinsi Lampung wilayah Tanggamus, pesisir barat dan Lampung barat. Saya sudah hampir selesai dalam pengurusan syarat syarat pencalonan di Partai saya, tiba-tiba saya ditawarkan Oleh Ketua PSI Lampung barat yang kebetulan juga Ketua SOLIDERITAS MERAH PUTIH LAMPUNG BARAT. saya di janjikan sesuai keputusan rapat PSI kalau mencalonkan diri di partai PSI. Akhirnya saya membatalkan pengurusan saya untuk pindah ke partai PSI, dan saya sudah menyatakan mundur dari PDIP dan mundur pancalonan di PDIP. Saya diundang oleh ketua PSI Lambar ke kantor DPW PSI. Dan bertemu dengan wakil sekretaris Internal. Disana saya melihat kantor DPW sangatlah tidak terawat dan sangat tidak mencerminkan kantor partai melainkan seperti Gudang yang tidak terurus. Jadi saya bercanda dengan mereka sambil tersenyum saya bicara ke ketua Lampung barat. Ini kantor atau Gudang? Ternyata bercanda saya dimasukan ke hati oleh Wakil sekretaris internal dan memberikan adukan ke ketua DPW PSI Lampung saudara Beni dan ketua Lampung barat langsung di tegur dan bertanya apa maksudnya berbicara seperti itu. Dan imbas dari berguru tersebut mengakibatkan nasib saya yang telah keluar dari PDIP dan sebagai pengurus BMI provinsi sudah hilang dan sekarang di partai PSI pun tidak ada kejelasan. Harusnya sebagai partai baru harus mencerminkan jiwa yang bersih dan harus memperbaiki diri bila ada masukan. Terima kasih

    ReplyDelete
  8. Dari masukan yg saya baca bykan kecewaan ketimbang lainnya. Awalnya saya optimis dg adanya partai pai d as n saya ikut nyumbang, trus katanya ada kartu psi nya, hingga kini ga ada kepastian mau pun jawabannya, saya ga permasalhkan uang itu, tp kecewa ga ada jawaban.

    ReplyDelete
  9. Saat nya Indonesia di isi dgn jiwa muda semangat muda

    ReplyDelete